Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis terletak di Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang (kira-kira 70 km dari ibukota kabupaten Karawang). Bentang pantai sekitar 5 km. Bagaimana kondisi pantai ini ??? Hmm.., patut disayangkan, potensi obyek wisata yang bagus ini tidak (atau mungkin belum) dikelola dengan baik pemerintah daerah Kabupaten Karawang. Kondisi pantai pakis cukup memprihatinkan, kotoran/sampah yang tidak dikelola dengan baik, sarana dan prasarana transportasi menuju lokasi wisata yang tidak memadai, serta fasilitas di sekitar pantai yang boleh dikatakan sangat tidak memadai. Padahal, saya pikir jika dikelola dengan baik, pantai ini sangat berpotensi memberi sumbangsih besar pada pendapatan daerah Kabupaten Karawang. Kendatipun demikian jika dikomparasi dengan pantai Ancol dari segi keindahan, sampah, dan kebersihan airnya, saya akan berikan nilai 7 untuk pantai pakis dan 5 untuk pantai ancol.

Kami (14 orang, dengan 9 sepeda motor) berkumpul bersama-sama di Yos Sudarso 1 Sunter sekitar jam 7.30, kemudian transit dulu di Komplek Harapan Indah Bekasi, dan berangkat dari sana jam 09.00. Kami sengaja pergi dengan mengendarai motor, karena memang inilah salah satu sarana menggapai ‘tujuan’ kami. Perjalanan dari Bekasi ke lokasi pantai ditempuh melalui jalan pintas, diantaranya dengan melewati dua sungai yang masing-masing memiliki lebar sekitar 40 dan 50 m (tidak ada jembatan, hanya dapat dilewati dengan naik perahu kerek). Dari penunjukan odometer diketahui bahwa jarak tempuh Bekasi ke lokasi pantai adalah sekitar 47 km (jarak tempuh pulang-pergi sekitar 94 km, dan kami menempuhnya selama 2 jam (bila dikurangi waktu menyeberangi perahu, sekitar 30 mnt, kecepatan rata2 berkendara kira2 31,3 km/jam).

Meskipun capek di perjalanan, satu hal yang sangat berkesan selama mengikuti acara-acara seperti ini adalah rasa kebersamaan. Yah…, sebuah kebersamaan, nikmat yang luar biasa. “Terkadang kita perlu tuk ‘berhenti sejenak’, sekedar melepaskan beban yang ada, bersama keluarga dan teman-teman kita.”

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id