4 tips ngeblog ala sesepuh dan perintis Wordpress

Sebagian blogger terkadang melakukan aktivitas ngeblog hanya sekedar untuk mengisi waktu luang atau juga sebagian lagi hanya menjadi blogger musiman atau kambuhan. Jika rasa mood untuk menulis datang, blog bisa bakal rajin dikelola diisi dengan bermacam-macam hal dan informasi yang berguna dan bisa di share, tapi apabila sebaliknya jika mood si pemilik blog meredup (sedang kumat :D), aktifitas blog itu pun ikutan sunyi "kayak kuburan" (seperti halnya blog ini xixixi…)

Namun, justru hal seperti inilah yang masih menjadi kendala terbesar yang menimpa para blogger untuk selalu hadir dan exist di dunia blogosphere ini. bagi anda yang tak ingin menjadi 'blogger musiman' ada baiknya anda menyimak 4 wejangan ataupun tips dan trik dari perintis WordPress.com, Matt Mulleweg agar acara ngeblog Anda menjadi lebih enjoy cuy…

1. Fokus ke Passion
Dari sekian pengetahuan menggunung yang Anda ketahui, pasti ada satu atau dua topik yang benar-benar menjadi passion atau yang paling diminati. Cobalah untuk meramaikan halaman blog Anda dengan passion tersebut, mau itu bidang fotografi, teknologi, bisnis atau yang lainnya.

Pasalnya, menurut Mullenweg, dengan semakin seringnya Anda menuliskan topik tersebut, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. "Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari," ujarnya.

2. Jangan Menutup Diri
Menulis di blog juga tak sekadar sharing pengetahuan. Sekadar sharing perasaan yang tengah Anda rasakan juga dapat melatih kemampuan ngeblog Anda. Sedikit narsis memang, tapi cobalah untuk melakukan hal ini, karena nantinya Anda akan terbiasa untuk berbagi di blog terhadap sesuatu yang Anda anggap menarik atau rasakan.

3. Kunjungi 'Tetangga'
Dunia blog amatlah luas dan tak terhingga besarnya. Layaknya manusia yang hidup di dunia nyata, 'kehidupan' di dunia blog juga tak terlepas dari interaksi dengan blogger lain.

Dengan melakukan 'jalan-jalan' santai di blog orang lain, wawasan Anda pastinya juga akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa diadopsi di blog Anda.

4. Practice Makes Perfect
Melahirkan gaya tulisan yang bagus dan khas sesuai cita rasa Anda tentunya tak bisa didapat dalam waktu singkat. Hal ini harus diiringi dengan latihan sesering mungkin yang jika sudah rutin dilakukan akan membuat tulisan Anda terasah dengan sendirinya.

Agar latihan menulis ini tak dianggap sebagai beban, anggap saja aktivitas ngeblog sebagai ajang untuk mencurahkan isi hati. "Kalau sudah berjalan nanti akan terbiasa sendiri dan tak akan merasa seperti melakukan pekerjaan," tandas Mullenweg ketika ditemui detikINET di sela WordCamp Indonesia 2009, di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta.

Sudah tahu kan tips & triknya? cepetan deh giatin lagi kegiatan ngeblog Anda!

dikutip dari detikinet

8 comments:

  1. kunjungilah tetangga.. heeh dah lama neh aku ga melakukan itu... soalnya emang banyak banget kegiatanku akhir2 ini.. hiks2

    ReplyDelete
  2. lagi sibuk terus yah?

    ReplyDelete
  3. waah lama ngak dateng gimana kabarnya mas, bentar mas saya kok ngak asing ya ngliat tulisan xixixi, jagan-jagan masisman yang jago seo kompetisi itu ya, kalau gitu bagi ilmunya mas...., saya ngliat judulnya wordpress mas isman bisa mainan wordpresskan saya di ajarin mas kemarin bikin malah binggung, pusing saya ngak jadi saya terusin... see you.........

    ReplyDelete
  4. @ goo_blog
    memang antara wordpress dan blogspot sedikit berbeda. terus terang saja saya juga ga terlalu ngerti soal WP

    ReplyDelete
  5. oalnya emang banyak banget kegiatanku akhir2 ini

    ReplyDelete
  6. saya ngliat judulnya wordpress mas isman bisa mainan wordpresskan saya di ajarin mas kemarin bikin malah binggung

    ReplyDelete
  7. @ 70-528
    pada dasarnya ngeblog di wordpress hampir sama dengan d blogger. walaupun agak sedikit rumit pada awalnya. anda bisa belajar melalui blog2 yang membuat tutorial cara ngeblog di wordpress salahsatunya di blog ini http://belajar-yok.blogspot.com/2007/05/cara-membuat-blog-di-wordpress.html

    selamat mencoba

    salam sukses

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id