Google melarang istilah Netbook

Netbook adalah komputer mini sejenis notebook, hanya saja fitur nya bisa dibilang lebih terbatas. Misalnya saja hardware yang tidak begitu besar kecepatannya dibandingkan dengan spesifikasi notebook. Namun taukah anda bahwa istilah netbook itu sebenarnya adalah suatu merk? Makanya sekarang sudah tidak diperbolehkan menyebut laptop mini tersebut dengan sebutan netbook. Seperti yang dikutip dari PC Plus

Google larang istilah Netbook
Mungkin tidak banyak dari kita yang ingat computer mungil bermerek Psion? Komputer mungil ini gagal dipasar. Namun tahun lalu, Psion mengatakan bahwa istilah netbook adalah milik mereka, sehingga tidak boleh dipakai secara generik.

Dalam ‘perebutan istilah’ tersebut, Psion ternyata menang. Setidaknya di Google. Sebab perminggu pertama bulan Februari, Google melarang penggunaan istilah netbook dari jaringan iklannya. Kabarnya, Google telah melakukan penyidikan terhadap klaim merek dagang netbook yang diajukan oleh Psion. Hasilnya, Google secara resmi menghormati fakta bahwa “netbook” adalah merek dagang yang dilindungi undang-undang. Maka istilah itu ditabukan penggunaannya dalam iklan-iklan yang ditayangkan di Google.

Nah loh, jadi komputer mungil itu harus kita sebut apa dong? Mini-notebook? Sub-note? Namun sebenarnya sih, vendor computer juga tidak pernah terang-terangan menyebut produk computer mungilnya sebagai sebuah notebook. Istilah ini cuma dipopulerkan oleh Intel. Dell misalnya, tidak pernah merujuk Inspiron Mini 9-nya sebagai netbook. HP menyebut produknya sebagai mini-note. Sedangkan Asus lebih suka mempopulerkan istilah Eee PC, dan hanya sesekali menyebutnya sebagai netbook.

3 comments:

  1. oh gitu toh mas ceritanya..tapi sy dah terlanjur suka nyebuttin netbook.. seperti halnya Aqua untuk produk minimum mineral

    ReplyDelete
  2. maksih mas infonya, sorry baru kunjugan

    ReplyDelete
  3. @ jaloe
    ya begitulah adanya, saya juga lebih suka bilang netbook


    @ Goo_blog
    sama2

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id