Awas, Konsumsi Alkohol Bikin Pikun!

Tahukah anda ? Mengkonsumsi Alkohol Bikin Pikun
Amelia Ayu Kinanti - detikhot
Jakarta Kebiasaan mengkonsumsi alkohol ternyata tak hanya dapat merusak fungsi hati. Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi alkohol dapat mempengaruhi volume otak. Carol Ann Paul, seorang peneliti dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat dan timnya mengungkap bahwa alkohol bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan otak.

Volume otak manusia memang akan menyusut seiring dengan bertambahnya umur. Penyusutan itu kemudian mengakibatkan beberapa kelainan, misalnya demensia (kepikunan) serta gangguan kognitif yang lain.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami penyusutan otak lebih cepat dan memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan orang-orang yang tak mengkonsumsi alkohol.

Sebanyak 1.839 perempuan dan laki-laki menjadi objek penelitian. Mereka semua melakukan CT scan, kemudian para peneliti mengkelompokkan mereka sesuai dengan volume otak mereka.

Mereka yang mengalami penyusutan volume otak drastis adalah para pengkonsumsi alkohol. Dan yang perlu diperhatikan, jumlah perempuan pengkonsumsi alkohol yang mengalami penyusutan volume otak lebih banyak ketimbang laki-laki.

Masih tertarik mengkonsumsi alkohol?(kee/eny)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id