Profil Palsu Makin Ramai 'Gentayangan' di Facebook

Profil Palsu Makin Ramai 'Gentayangan' di Facebook

Dewi Widya Ningrum
- detikinet

Jakarta - Para pengguna Facebook patut waspada karena makin banyak profil palsu beredar di situs jejaring sosial tersebut. Bahkan diperkirakan, hampir 40 persen profil baru di Facebook adalah buatan spammer dan pembuat program jahat (malware).

Selain itu, masih menurut survei yang dilakukan perusahaan keamanan Cloudmark, sekitar 20 sampai 40 persen profil baru di Facebook ini juga disinyalir palsu.

Tujuannya, seperti disampaikanNeil Cook selaku European Head of Technology Services Cloudmark dan dikutip detikINET dari Vnunet, Rabu (8/10/2008), tak lain adalah untuk menyebarkan malware.

Taktik yang digunakan untuk menyebarkan malware beragam. Misalnya membuat profil palsu guna menjebak pengunjung untuk mengklik link yang akan membawa mereka ke situs yang berisi program jahat.

Taktik lainnya, pelaku mencoba membujuk pengunjung untuk mengunjungi halaman profil mereka dengan cara mengundang Anda untuk di-add sebagai teman atau dengan mengirim pesan pribadi. Halaman profil tersebut kemudian juga akan diarahkan ke sebuah situs yang mengandung malware.

"Situs jejaring sosial sangat kolaboratif, oleh sebab itu media ini cocok bagi spammer dan pembuat virus untuk melakukan serangan," imbuh Cook lagi.

5 comments:

  1. iya mas bener, aku juga pernah ketipu.

    ReplyDelete
  2. Oh iya ceritanya ada di sini:
    http://aduh-keje.blogspot.com/2009/04/nama-palsu-di-facebook.html

    ReplyDelete
  3. @ AdhKjd
    tuhkan apa gw bilang, bnyk yang palsu juga di FB. btw blognya ga bs di komentari

    ReplyDelete
  4. template siyal, yang punya juga belum bisa komentar.

    ReplyDelete
  5. @ Aduh Kejedot Lagi
    huehuehehe.... kok bisa gitu bro, yang punya aja ga bisa komentar apalagi tamunya ya? ada scriptnya yang salah mungkin, ato ganti aja templatenya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, isi komen ya


U COMMENT I FOLLOW

Direktori Dropship Indonesia

Direktori Dropship Indonesia
Cari Bisnis dan Supplier untuk Binis Dropship di www.dropshiper.id